Thursday, October 22, 2015

Validasi Kartu Jakarta PIntar di SDN Rawabunga 11 Pagi (Kunjungan Pertama)

Bagian Awal

Pendataan dan Validasi Realisasi Kartu Jakarta Pintar di Sekolah SDN Rawabunga 11 Pagi dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia


Kelas: LF01
Dosen: Rina Patriana Chairiyani, S.S., M.Pd.
Waktu: Kamis, 22 Oktober 2015
Pukul: 09:00-13:00
Lokasi: SDN Rawabunga 11 Pagi - Jalan Jatinegara Timur
PIC: Ibu Meiriana

Tim Yang Hadir:

Ketua:
  • Arif Rahman Ibrahim
Anggota:
  • Andrew
  • Fajar Ramadhan
  • Ramond Julio
  • Joshua Kurniaputera
  • Gigih Suryaman
  • Mic Kelvin
Kiri - Kanan:
Gigih Suryaman, Fajar Ramadhan Rachmat Setiawan, Andrew, Joshua Kurniaputera, Mic Kelvin, Ramond Julio, Arif Rahman Ibrahim

Bagian Isi

Teori Yang Diajarkan

Kami belajar menjadi professional kerja yang baik di CB: Professional Development

Persiapan

Beberapa hari sebelum melakukan pertemuan ini, kami meminta surat pengantar dari Teach For Indonesia, dan pada hari Senin, 19 Oktober 2015, 3 hari sebelum melakukan kegiatan, kami merencanakan untuk melakukan kegiatan ini bersama-sama dan menginformasikannya ke setiap anggota kelompok. Kemudian satu hari sebelum melakukan kegiatan ini, kami menyiapkan segala sesuatu yang perlu dibawa mulai dari form wawancara siswa KJP & Sekolah, surat pengantar, dan sebagainya. Kami juga melakukan briefing mengenai apa saja yang akan kita lakukan esok hari sehingga kegiatan dapat berjalan lancar dan terstruktur.

Pelaksanaan

Pada hari Kamis, 22 Oktober 2015, kami berkunjung ke sekolah yang telah kami pilih, yaitu SMA Negeri 54 Jakarta & SDN Rawabunga 11 Pagi yang terletak di daerah Jatinegara dan berdekatan.
Kami sampai di lokasi jam 9 pagi dan memutuskan untuk berkunjung ke SD terlebih dahulu untuk mengantisipasi karena SD pulang lebih awal dibanding SMA (SD pulang jam 12 siang, sementara SMA pulang jam 3 sore)
Di SD, kami bertemu Ibu Meiriana, guru SDN Rawabunga 11 Pagi yang mengurus KJP di sekolah tersebut. Kami memperkenalkan diri dan memaparkan maksud kedatangan kami. Kemudian Ibu Meiriana menawarkan untuk datang kembali jam 12 siang setelah anak-anak pulang sekolah untuk dikumpulkan si satu kelas, kami setuju dan menunggu hingga jam 12 siang.
Pukul 12 siang kami kembali ke SD, kemudian kami diarahkan ke sebuah kelas untuk mewawancara siswa-siswi penerima KJP, sekaligus mewawancarai Ibu Meiriana tentang mekanisme KJP di sekolah. Kami mengambil kesimpulan bahwa Ibu Meiriana telah mengikuti prosedur penerimaan KJP sesuai dengan apa yang disampaikan. Kepala sekolah juga telah mensosialisasikan KJP dengan baik. Para murid tidak terlalu bingung dengan pertanyaan-pertanyaan yang kami berikan.
Pukul 1 siang kami telah selesai mewawancarai 30 anak dari 78 penerima KJP di SDN Rawabunga 11 Pagi.

Bagian Penutup

Hasil Kegiatan

Kami telah selesai melaksanakan wawancara dengan siswa-siswi penerima KJP di SDN Rawabunga 11 Pagi.

Evaluasi

Kesimpulan

  • Rata-rata penerima KJP di sekolah ini memang berasal dari golongan yang kurang mampu
  • Banyak dari penerima KJP tidak tahu bahwa KJP dapat digunakan untuk TransJakarta
  • Sekolah melaksanakan sosialisasi KJP dengan baik dan murid-murid tidak bingung dengan pertanyaan yang kami berikan.
  • Struk belanja dikumpulkan seluruhnya oleh murid kepada pihak sekolah

Next To Do

  • Melaksanakan verifikasi 8355 di SDN Rawabunga 11 Pagi
  • Menginput data siswa KJP di Google Forms

Jumlah Peserta

Siswa penerima KJP: 30
Guru / PIC di sekolah: 1
Volunteer: 7

Berikut adalah foto-foto dari kunjungan pertama:






No comments:

Post a Comment